RSS

Program D1 dan Tanggapannya

25 Apr
Bukan Perkara Mudah Luluskan Ijazah D1

SMK Pertimbangkan Kerja Sama Subkampus

Terkait program subkampus yang merupakan program kerja sama antara perguruan tinggi dan SMK, beberapa SMK di Kota Bandung mengaku masih menunggu follow up dari perguruan tinggi yang bersangkutan. Selain itu, SMK juga mempertimbangkan banyak hal, karena menambah masa tempuh sekolah serta meluluskan siswa dengan ijazah D-1 bukan perkara mudah.

Seperti SMKN 11 Bandung yang mengaku belum mendapat ketentuan terkait program tersebut. Di SMKN 11 Bandung ada enam program keahlian dan semuanya memiliki masa tempuh tiga tahun sekolah. “Pada dasarnya kami siap, tapi banyak yang harus dipertimbangkan seperti kurikulum, biaya, serta pesertanya. Yang kami dengar ada pembatasan biaya, padahal untuk menambah satu tahun masa sekolah butuh biaya tidak sedikit,” tutur Sekretaris Manajemen SMKN 11 Bandung Dadan Saripudin, yang dihubungi Minggu (20/2).

Sementara itu, Kepala SMKN 5 Bandung Ike Raudah mengungkapkan, pihaknya belum bekerja sama dengan perguruan tinggi untuk menyelenggarakan program subkampus. Namun, di sekolahnya sudah ada program keahlian yang memiliki masa tempuh empat tahun. Ike menyebutkan, dari empat program keahlian yang ada di SMKN 5, satu program diselesaikan dalam waktu empat tahun.

Ike menjelaskan, untuk program keahlian empat tahun, satu tahun terakhir dihabiskan untuk magang serta menyelesaikan tugas akhir. Saat lulus, ijazah yang dikeluarkan sama dengan ijazah SMK yang menempuh masa sekolah tiga tahun. Menurut Ike, berdasarkan pengalaman dari industri tempat para siswa magang, yang menempuh pendidikan selama empat tahun memang lebih matang.

“Kalau nanti kami bekerja sama dengan perguruan tinggi masih banyak yang harus dipertimbangkan. Untuk menyelenggarakan program subkampus, diperlukan persiapan yang matang, karena sarana serta prasarana sekolah juga harus mendukung,” kata Ike. Sumber Klik Disini.

Masa Belajar SMK Sebaiknya Tiga Tahun

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kota Bandung Supardi menyebutkan, sampai saat ini di Kota Bandung baru ada empat SMK yang memiliki masa sekolah empat tahun, yaitu SMKN 4, SMKN 5, SMKN 13, dan SMK Chemica.

Menurut Supardi, untuk meraih ijazah Diploma 1 tidak semudah yang dibayangkan. Untuk itu, dia berpendapat sebaiknya masa tempuh untuk SMK hanya tiga tahun seperti SMA pada umumnya.

“Dianggap D-1 karena dalam kurikulumnya menyebutkan diwajibkan ada praktik lapangan. Menurut saya, lebih baik yang empat tahun itu diefektifkan menjadi tiga tahun, setelah itu mereka bisa melanjutkan ke perguruan tinggi untuk mengambil jurusan D-1, D-3, atau sarjana,” kata Supardi.

Supardi menjelaskan, saat ini dengan kebijakan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP), sekolah diberi otoritas untuk membuat kurikulum sendiri. Untuk itu, seharusnya sekolah bisa mengefektifkan kegiatan belajar mengajar. “Jika bisa diselesaikan selama tiga tahun, kenapa harus empat tahun,” ujar Supardi. Sumber Klik Disini

Tiga Fakultas Unpad Jalankan Program Subkampus

Direktur Bagian Kerja Sama Universitas Padjadjaran, Ramdan Panigoro mengatakan, program D-1 Unpad atau subkampus ini merupakan tindak lanjut dari program Kementerian Pendidikan Nasional yang ingin meningkatkan Angka Partisipasi Kasar (APK) Perguruan Tinggi. Menurut Ramdan, untuk saat ini baru 19 SMK di Jawa Barat yang sudah diajak kerja sama dan terdaftar.

“Kami berharap program ini bisa berjalan pada Juni mendatang. Program serta kurikulum untuk subkampus ini akan dibuat oleh SMK yang bersangkutan serta perguruan tinggi, dalam hal ini Unpad serta ITB. Sampai saat ini, kami masih menunggu surat keputusan dari Kemendiknas terkait teknis pelaksanaannya,” kata Ramdan yang dihubungi di Bandung, Minggu (20/2).

Ramdan mengungkapkan, untuk sementara baru tiga fakultas di Unpad yang akan bekerja sama dalam program subkampus ini, yaitu Fakultas Pertanian, Perikanan, dan MIPA. Tidak menutup kemungkinan, ke depannya fakultas lain juga akan bergabung.

Menurut Ramdan, target dari program subkampus ini adalah membantu masyarakat di sekitar SMK. Selain itu, meningkatkan kemampuan serta pengalaman siswa, dan diharapkan saat lulus mereka bisa membuka lapangan pekerjaan. Sumber Klik Disini

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s