RSS

Progress Pelaksanaan Program PVB ITB Per 04 – 29 Juli 2011

10 Aug

Pendidikan Vokasi Berkelanjutan Institut Teknologi Bandung

Kerma ITB (STEI & FITB) – SEAMOLEC dan SMK

04 – 29 Juli 2011

Program vokasi berkelanjutan dirancang untuk program D1 untuk lulusan SMK kejuruan dan lulusan SMA atau MA. Setelah menyelesaikan program D1, mereka dapat memutuskan apakah akan bergabung dengan angkatan kerja atau melanjutkan kuliah ke jenjang yang lebih tinggi. Dengan program ini, Indonesia lebih memiliki kesempatan lebih baik untuk mengakses pendidikan tinggi. Program tersebut didukung oleh berbagai pihak yaitu, PSMK, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (DIKTI) dan SEAMOLEC. PSMK mendukung program ini dengan memperkuat fasilitas SMK sesuai dengan bidangnya, DIKTI mendukung dalam hal legalitas dan SEAMOLEC mendukung dalam hal TOT untuk manajemen pendidikan jarak jauh, dosen maupun guru. Selain itu, dukungan Propinsi dan Kota/Kabupaten sangat diharapkan terutama dalam hal dukungan infrastruktur, beasiswa, subsidi operasional dan hal lain yang diperlukan. Program ini sebagai tindak lanjut dari PP 17 tahun 2010 Tentang Pendidikan Jarak Jauh Pasal 118 s/d 126 maupun berdasarkan Surat arahan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi dengan No. 880/D/T/2010 tanggal 29 Juli 2010 tentang pemberitahuan pendidikan vokasi berkelanjutan.

Adapun tujuan dalam program D1 Pendidikan Vokasi Berkelanjutan yaitu:

  1. Peningkatan APK Perguruan tinggi
  2. Pengurangan pengangguran
  3. peningkatan devisa utk tenaga kerja terdidik
  4. Asas pemanfaatan dan sinergi infrastruktur

Program ini melibatkan Sub Kampus yaitu SMK Se-Indonesia yang memiliki fasilitas yang memadai serta memenuhi persyaratan dari Main Kampus/ Kampus Utama. Dalam kesempatan ini ada beberapa main kampus atau kampus utama di daerah Jawa Barat salah satunya ada ITB. Di ITB terdapat beberapa Fakultas/ Sekolah yang menjadi Main Kampus untuk program PVB ini, diantaranya adalah STEI ITB, FSRD ITB, FITB ITB, FMIPA ITB dan FARMASI ITB. Pada kesempatan ini Main Kampus semula akan melaksanakan pada program pertama yaitu STEI dan FITB ITB dan semula dilaksanakan pada Bulan Juni tanggal 6 Juni 2011 – 1 Juli 2011. Namun dikarenakan adanya perubahan sehingga pelaksanaanya menjadi 04 – 29 Juli 2011. Adapun main kampus yang melaksanakan adalah: STEI ITB untuk Jurusan TKJ dan FITB ITB untuk Jurusan Survey Pemetaan. Pada pelaksanaan program PVB ITB dilaksanakan oleh beberapa sub kampus yaitu untuk program TKJ diikuti oleh SMK Muhammadiyah Sangatta sebanyak 17 mahasiswa, SMK Tunas Harapan Pati Sebanyak 10 mahasiswa, SMKN 1 Cimahi sebanyak 26 mahasiswa, SMKN 1 Jakarta 6 mahasiswa, SMKN 1 Katapang 49 mahasiswa, SMKN 1 Tanjung sebanyak 8 mahasiswa, SMKN 4 Jakarta sebanyak 5 mahasiswa, SMKN 5 Banjarmasin sebanyak 6 mahasiswa. Total mahasiswa D1 program TKJ sebanyak 127 mahasiswa.

Pada pelaksanaan program PVB FITB ITB dilaksanakan oleh beberapa sub kampus yaitu untuk program TKJ diikuti oleh SMKN 3 Suwawa sebanyak 50 mahasiswa, SMKN 2 Garut sebanyak 16 mahasiswa dan SMKN 3 Tanjung Selor sebanyak 55 mahasiswa. Total mahasiswa D1 program Teknik Survey dan Pemetaan sebanyak 121 mahasiswa. Total keseluruhan mahasiswa D1 PVB ITB untuk angkatan pertama tahun 2011 sebanyak 248 mahasiswa. Selain itu para assisten dosen dari Sub Kampus khusus untuk jurusan STEI dan FITB – ITB akan melaksanakan full training yang akan dilaksanakan oleh STEI dan FITB – ITB. Sehingga pada saat mahasiswa D1 melaksanakan perkuliahan tatap muka maka Asisten Dosen/ Penanggung Jawab program di Sub Kampus akan dilatih oleh tom STEI dan FITB – ITB.

Pembukaan program dilaksanakan di Kampus Center Timur Institut Teknologi Bandung mulai pukul 09.00 – 17.00 pada Senin, 04 Juli 2011. Pada pembukaan program D1 PVB ITB dihadiri oleh, Sekretaris LPPM ITB Bidang Pengabdian Kepada Masyarakat Prof. Eng. Khairurrijal. MS, Koordinator Program PVB ITB Dr. Ir. Hilwadi Hindersah dan tim, Deputy Direktor Seamolec Bidang Program Ith Vuthy, M. Sc, Manajer IT Content SEAMOLEC Ir. NR. Dewi Sopiah, MT dan Tim. Pada pembukaan tersebut juga diberikan secara simbolis mulai dari perwakilan Sekolah, Guru dan Mahasiswa. Untuk guru diberikan simbolis patung gajah ITB, guru diberikan jaket ITB serta untuk mahasiswa diberikan Jaket Mahasiswa semua itu diberikan secara simbolis oleh Pak Hilwadi Hindersah sebagai coordinator Program PVB ITB dan Ketua CEP – ITB.

Pada tanggal 5 Juli 2011 mahasiswa D1 PVB ITB yang berasal dari Gorontalo mendapat kunjungan dari Bupati Gorontalo. Beliau mengunjungi perkuliahan mahasiswa, pada saat itu ada yang sedang menjalankan perkuliahan Bahasa Inggris yang diberikan materinya disampaikan oleh Ibu Dewi Sopiah selaku Manajer IT Content SEAMOLEC dan mengunjungi perkuliahan keahlian computer di Comlabs ITB. Bupati Gorontalo juga didampingi oleh Bapak Hilwadi Hindersah sebagai Koordinator Program D1 PVB ITB dan Bapak Dr. Andri Hernandi sebagai perwakilan dari FITB untuk program D1 Teknik Survey dan Pemetaan.

Pada tanggal 9 Juli 2011 mahasiswa D1 PVB ITB berkesempatan bertatap muka dengan Dirjen DIKTI Prof. Dr. Djoko Susanto yang juga mantan Rektor ITB. Pak Dirjen saat itu didampingi oleh Direktur SEAMOLEC, Dr. Ir. Gatot Hari Priowirjanto, Dekan STEI ITB, Prof. Dr. Suwarno dan Dr. Ir. Ary Setijadi Prihatmanto sebagai pelaksana Program D1 PVB ITB untuk program D1 Teknik Komputer dan Jaringan. Dalam kesempatan tersebut Dirjen DIKTI sempat memberikan arahan kepada mahasiswa D1 untuk semangat menuntut ilmu dan sempat bercengkrama. Beliau masuk ke Ruangan Multimedia saat itu sedang ada tambahan materi Bahasa Inggris yang disampaikan oleh Rahman Faisal, S.S yang juga sebagai Staff IT Content SEAMOLEC. Beliau juga mengunjungi para guru/ mentor yang sedang diberikan pelatihan oleh ITB.

Sedangkan untuk penutupan dilaksanakan pada Jum’at, 29 Juli 2011 pukul 14.00 – 16.00 di GKU (Gedung Kuliah Umum) Timur Kampus ITB Lantai 4 dihadiri oleh semua mahasiswa D1 dan guru/ mentor yang telah diberikan pelatihan oleh STEI dan FITB – ITB. Dari perwakilan ITB dihadiri oleh Pak Hilwadi, Bu Aciek dan Pak Ketut Wikantuka serta Pak Andri Hernandi perwakilan dari FITB – ITB. Dalam kesempatan tersebut juga diberikan sertifikat kepada guru/ mentor yang sudah diberikan pelatihan oleh ITB dalam hal ini STEI dan FITB secara simbolis oleh Pak Hilwadi diberikan kepada Bapak Rahmad Syafi’i dari Kutai Timur, Kalimantan TImur. Penutupan perkuliahan tahap pertama untuk program D1 PVB ITB secara resmi dilepas oleh Pak Hilwadi.

Warm regards,

Rahman Faisal, S.S

Koordinator Mahasiswa D1 PVB ITB

 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s